Cara Menghilangkan Bekas Goresan pada Mobil dengan Mudah

Cara menghilangkan bekas goresan pada mobil – Bekas goresan pada kendaraan adalah hal yang sangat mengganggu kecantikan dari eksterior mobil kesayangan Anda. bekas goresan umumnya biasanya terjadi dikarenakan sempitnya lahan parkir, terserempet (tersentuh sedikit) oleh kendaraan lain, terkena ranting pohon, terkena lap kasar dan banyak risiko lainnya yang tidak Anda duga sebelumnya.

Mesiki dapat diperbaiki, namun cara menghapus bekas goresan pada cat mobil akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, khususnya saat Anda membawanya kebengkel.

Oleh karena itu, banyak orang yang enggan untuk pergi ke bengkel dan lebih memilih menghapus bekas goresan di mobilnya secara sendiri.

Ada 3 tipe bekas goresan pada mobil

  1. Bekas goresan ringan, yaitu bekas goresan pada mobil yang tidak melukai susunan cat.
  2. Bekas goresan sedang, yaitu bekas yang telah mengenai cat dasar.
  3. Bekas goresan dalam, yaitu bekas yang sudah menembus lapisan cat dasar dan mengenai logam bodi kendaraan Anda.

Sayangnya, cuma bekas goresan ringan yang bisa Anda tangani sendiri tanpa harus melakukan pengecatan ulang atau membawanya ke bengkel. Hal tersebut karena goresan sedang dan goresan dalam, harus  dilaukan pengecatan ulang.

Namun, tentu saja pengecetan ulang tersebut cuma pada bagian yang tergores saja. Contohnya apabila bagian yang tergores hanya pada bagian pintu kendaraan saja, maka Anda cuma perlu mengecat bagian pintunya saja.

Cara menghilangkan goresan pada mobil

Banyak cara menghapus baret atau goresan pada mobil, contohnya dengan memakai compound, wax, scratch remover, amplas, wd 40, sabun detergen, lotion anti nyamuk, dan spidol penghilang baret.
namun yang paling seringkali digunakan lah ada adalah compound.

Compound adalah bahan penghilang bekas goresan pada cat mobil, prosesnya dengan melunturkan cat di area bekas goresan, kurang lebih bekas goresan menjadi hilang dan tertutup oleh cat disekitarnya. Anda bisa membeli compound di bengkel kendaraan mobil ataupun toko onderdil.

Cara menghapus bekas goresan  pada mobil dengan compound

  1. Bersihkan bagian mobil yang tergores dengan memakai air untuk menghapus debu dan kotoran yang mungkin masih menempel.
  2. Lap menggunakan lap chamois (lap kanebo).
  3. Oleskan salah satu produk penghilang bekas goresan (compound) pada bagian mobil yang mengalami goresan.  Setelah diolesi compound, gosok bagian mobil yang tergores secara perlahan dan sedikit ditekan dengan memakai lap halus kering.
  4. Apabila bekas goresan telah mulai hilang, berikan cairan pengkilap cat. Kerjakan dengan perlahan memakai kain lap halus. Kendaraan beroda empat Anda pun bisa mulus kembali.
  5. Compound yang biasa digunakan untuk menghapus bekas goresan ringan adalah compound putih. Compound putih mempunyai daya kikis kuat. pemakaian compound putih dalam waktu yang cukup lama tidak berdampak bagus untuk kendaraan Anda. 
  6. Untuk itu, banyak yang merekomendasikan memakai compound halus terlebih dahulu, apabila pemakaian compound halus kurang maksimal, baru memakai compound putih.

Itulah cara menghilangkan bekas goresan pada mobil, bagaimana? Mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *