20 Inspirasi Gambar Rumah Minimalis Sederhana

20 Inspirasi Gambar Rumah Minimalis Sederhana

Gambar rumah minimalis sederhana – Rumah dengan desain gambar rumah minimalis sederhana tentunya sangatlah sesuai untuk pengantin baru, orang tua dengan anak yang masih satu atau dua, ataupun muda-mudi yang masih meniti karir dan masih memiliki dana tabungan terbatas.

Nah, sahabat Bogor pun bisa menjadikan model rumah minimalis sederhana sebaga inspirasi kalian.

Walaupun rumah minimalis sederhana tak berukuran besar atau megah, namun jenis rumah ini banyak menjadi buruan. Makanya, tidak heran jika gambar rumah minimalis sederhana kerap dicari sebagai sumber refrensi dalam membangun sebuah rumah.

Berikut ini desain gambar rumah sebagai inspirasi, namun tetap dengan biaya membangun yang tidak terlampau mahal.

Inspirasi gambar model desain rumah sederhana

Dalam mendesain gambar rumah minimalis sederhana, kamu mestilah berhati-hati. Desain rumah sederhana bukan berarti kecil dan asal jadi saja.

Selain sederhana, kamupun juga harus menata dan tetap menonjolkan nilai estetika yang didapat dari desain rumah minimalis sederhana tersebut.

Berikut ini ilham dan inspirasi model gambar desain rumah sederhana yang populer!

1. Gambar rumah minimalis sederhana  tipe 36

1. Rumah sederhana tipe 36 ini lebih menonjolkan sisi dalam memanfaatkan tanah dengan sebaik mungkin.

Di tanah yang hanya berukuran kecil tersebut, kamu dapat membangun beberapa bagian secara maksimal, seperti bisa dibangun garasi bahkan taman yang kecil namun indah.

2. Gambar rumah minimalis sederhana di desa

(sumber : fotorumahidam.com)

2. Gambar rumah minimalis sederhana di desa. Walaupun kamu tinggal di desa, bukan berarti kamu tidak dapat menerapkan gambar rumah minimalis sederhana ini ke rumah yang sedang kamu bangun.

Opsi dipilihnya lokasi desa, tidak lain karena suasana asri di mana lokasi ini kerap dikelilingi pohon rindang dan rerumputan hijau yang menawan.

Untuk arah atau posisi rumah ini tidak selamanya mesti menghadap ke depan, pintu masuk kok.

3. Gambar rumah minimalis sederhana ukuran 6×9 meter

(sumber : ricoyfacil.my)

3. Rumah sederhana dengan ukuran 6×9 ini mengusung perpaduan warna yang terang namun dengan nuansa yang soft, yaitu dengan paduan warna oranye ‘salmon terang’ dengan kesan traditional cream.

Makanya, warna rumah minimalis sederhana inipun sukses menambah keindahan rumah. Meski desainnya sederhana, komposisi warna yang sesuai ini  dapat memperngaruhi keindahan rumah secara maksimal.

4. Gambar rumah minimalis sederhana dengan reiling kaca depan

 

(sumber: desaingambarrumahminimalis.com)

4. Siapa sangka railing kaca di depan pintu utama yang bingkainya berwarna senada dengan bingkai jendela dapat meningkatkan nilai estetika pada desain rumah ini.

Pot beton kecil yang menempel di bagian dinding dengan tanaman hijau di dalamya semakin memberi warna dan nuansa alam yang kental pada rumah.

Nah, nuansa ala mini bisa kamu wujudkan dengan gambar rumah minimalis sederhana ini berikut.

5. Gambar rumah minimalis sederhana dengan ornamen batu kerikil

 

(sumber : warnacat.net)

5. Selanjutnya, gambar rumah minimalis sederhana ini mengusung batu sebagai ornament yang memukau, yaitu menggunakan batu kerikil kecil sebagai unsur atau bagian yang digunakan untuk menutupi pilar pada pagar rumah.

Pemilihan jendela yang besarpun kian mempermanis tampilan rumah ini.

6. Gambar rumah minimalis sederhana dengan instrumen pilar

 

(sumber: konstruksirumah.com)

6. Pilar pada rumah bukan hanya bermanfaat sebagai penjaga bangunan agar tetap kokoh dalam menopang pondasi bangunan, namun juga dapat menjadi pelengkap sekaligus pemanis rumah minimalis sederhana milikmu.

Nah, inspirasinya bisa kamu lihat di gambar rumah minimalis sederhana ini.

7. Gambar rumah minimalis sederhana tampilan warna putih

 

(sumber : jadhomes.com)

7. Desain tampilan warna putih yang seolah membuat rumah tampak apik dan luas, ternyata bisa kamu wujudkan dengan gambar rumah minimalis sederhana ini.

Rumah ini mengangkat konsep apik dan menunjukan tampilan menjadi lebih luas. Perpaduan warna putih dan abu-abu pun diperbanyak untuk menambah kesan minimalis menjadi terlihat lebih luas.

Pemilihan pyramid hip roof gunanya pun untuk menjadikan rumah terlihat semakin lapang.

8. Gambar rumah minimalis sederhanan dengan batu alam

 

(sumber: malaysia1news.my)

8. Gambar rumah minimalis sederhana tapi mewah selanjutnya dapat kamu wujudkan dengan perpaduan batu alam dengan warna cream pada sisi depan rumah.

Tambahan pilar kecil pada teras yang berwarna senada dengan warna pintu rumah, jendela, serta pintu garasi menjadikan rumah minimalis kamu tidak hanya menraik, namun juga tampil terlihat rapi.

9. Gambar rumah minimalis sederhanan dengan  taman

 

(sumber: ndikhome.com)

9. Rumah minimalis dengan taman, bisa kok. Gambar rumah minimalis sederhana ini menjadikan rumah kamu kian bernuansa dan hijau.

Walaupun hanya dengan meluangkan 2 meter tanah di depannyanya saja, tapi dengan sedikit sentuhan bisa dijadikan taman yang estetis dan asri.

Gambar rumah minimalis sederhana ini pun juga mengusung konsep bentuk rumah pun sangat simpel, namun tetap bergaya dengan tembok yang disusun persegi layaknya bingkai pada jendela depan.

10. Gambar rumah minimalis sederhanan Indah

 

(sumber: pinterest.com)

10. Gambar rumah minimalis sederhana ini mengusung konsep tampilan indah.

Tak selamanya mesti memakai batu alam, mengusung rumah minimalis sederhana dengan batu bata merahpun dapat mencuri perhatian masing-masing orang yang melihat rumah yang artistik ini.

11. Gambar rumah minimalis sederhanan rumah panggung

 

(sumber: rumahminimalisoi.com)

11. Rumah panggung? Cocok kah kamu pilih? Gambar rumah minimalis sederhana ini memang mengusung konsep rumah panggung. Desain rumah sengaja diciptakan agak tinggi, dengan tangga kecil di depannya dapat mempermanis rumah sederhana ini.

Tambahan tanaman hijau yang menjalar di sisi rumah menciptakan rumah semakin asri.

12. Gambar rumah minimalis sederhanan cross gabled roof

 

(sumber : 100rumahminimalis.com)

12. Model cross gabled roof pada gambar rumah minimalis sederhana ini sengaja disusun supaya tembok yang kelihatan di depan atap dapat dibuat senada dengan pagar rumah.

Tidak lupa dihiasi batu alam berwarna nyaris serupa dengan cat tembok rumah ini.

13. Gambar rumah minimalis sederhanan dinding relief

 

(sumber : pinterest.com)

13. Relief dinding minimalis pun bisa kamu terapkan melalui gambar rumah minimalis sederhana kali ini.

Tembok pada teras rumah ini dipasangi relief dinding bergaya minimalis. Terlebih dengan sentuhan batu adersit hitam menjadikan rumah ini semakin mewah, walaupun rumah sederhana kamu bangun di desa.

14. Gambar rumah minimalis sederhanan elegan

 

(sumber : pinterest.com)

14. Mencari ispirasi bentuk rumah sederhana namun elegan? Gambar rumah minimalis sederhana ini bisa menjadi inspirasi rumah sederhana kamu tampil mewah dan terlihat asri. Sebab, desain ini dilengkapi dengan taman yang mini yang hijau.

Ditambah lagi dinding yang digunakan ialah batu alam pun semakin memperelok tampilan rumah.

15. Gambar rumah minimalis sederhanan abu-abu

 

(sumber : desainrumahnya.com)

15. Dominasi warna abu-abu yang ada di rumah simpel ini tampil dengan paduan warna oranye cerah. Di sisi kiri dan depannya ditambahkan batu alam meningkatkan kesan menawan tetapi tetap sederhana.

16. Gambar rumah minimalis sederhana genteng keramik

 

(sumber : rumahminimalisbagus.com)

16. Rumah dengan genteng keramik? Menarik juga ya. Gambar rumah minimalis sederhana yang satu ini memilih jenis atap genteng keramik yang warnanya senada dengan dinding batu alam pada unsur depan rumah.

Ditambah dengan tanaman hijau di depannya, rumah ini terlihat semakin selaras.

17. Gambar rumah minimalis sederhanan genteng beton

 

(sumber : tiperumah.com)

17. Rumah dengan genteng beton pun juga bisa menjadi inspiras rumah kamu melalui gambar rumah minimalis sederhana ini.

Atap dengan bahan genteng beton ini akan terlihat mentereng, terutama dengan warna merahnya yang sedana. Perpaduan warna merah sesuai dengan oranye pada cat dengan abu-abu gelap juga menambah kesan eksotis namun tetap menarik.

18. Gambar rumah minimalis sederhanan cat abu-abu

 

(sumber : bibeh.com)

18. Rumah dengan warna abu-abu ini bisa menjadi inspirasi gambar rumah minimalis sederhana yang elegan.

Dengan mendominasi jendela-jendela yang bervariasi, terutama memakai jendela yang panjang pada unsur kamar dan tembok, di sisi samping juga diciptakan stationary window yang menciptakan tampilan rumah semakin manis.

19. Gambar rumah minimalis sederhanan tampak lebih besar

 

(sumber : rumahminimalisbagus.com)
19. Gambar rumah minimalis sederhana ini bisa membuat rumah minimalis kamu tampak besar. Salah satu tips supaya rumah minimalis sederhana kamu terlihat mewah dan besar yaitu dengan membangun rumah yang agak menanjak dan tinggi.

Pemilihan batu alam dengan bahan yang sama pada tembok depan rumah dan pagar pun membuat rumah tampak apik dan indah.

20. Gambar rumah minimalis sederhanan untuk di desa

 

(sumber : rumahminimalisbagus.com)
20. Inpirasi gambar rumah minimalis sederhana di desa? Kata siapa rumah sederhana di desa tak dapat didesain dengan indah? Paduan warna coklat tua dan coklat tortilla ini sesuai dengan hiasan tanaman hiajau di depannya.

Tambahan pilar yang besar berwarna coklat di sisi rumah semakin memberi kesan yang kokoh pada rumah ini walalupun berlokasi di desa sekalipun.

7 tips membangun rumah minimalis sederhana

Setelah menampilkan inspirasi gambar rumah minimalis sederhana di atas, tentunya kamu benar-benar ingin mengaplikasikannya bukan? Nah, untuk itu 7 tips membangun rumah minimalis sederhana.

1. Warna-warna cerah yang cocok untuk rumah minimalis sederhana

Dominasi warna terang pada ruangan bisa menghadirkan ilusi ruangan yang lebih luas.

Gunakan warna-warna terang seperti putih, kuning, biru muda, oranye, atau hijau muda sebagai dominan warna cat dinding kamu.

Kamu pun dapat merealisasikan palet warna yang dipakai pada interior rumah minimalis.

2. Dinding polos? Oke juga kok

Apabila ingin memakai wallpaper sebagai penghias dinding, kamu dapat menggunakan wallpaper yang motifnya tidak terlampau ramai.

Pilihlah wallpaper dengan motif yang sederhana dan berwarna netral untuk membuat rumah minimalis sederhana kamu lebih simpel dan terlihat lebih luas.

3. Jangan tabrak motif

Bila wallpaper ruang tamu kamu telah bermotif garis-garis, hindarilah untuk meletakkan bantal warna-warni dengan motif yang mencolok dan ramai, contohnya tribal atau polkadot.

Desain bantal tersebut hanya akan membuat rumah minimalis sederhana kamu terkesan ramai den sumpek, maka hindari memberi kesan ‘nabrak’ yang membuat ruangan terasa murahan dan noraka.

Selaraskan motif yang terdapat dimasing-masing sisi ruangan dalam satu nada saja.

4. Memilih perabotan yang tepat

Jangan impulsif saat melakukan pembelian barang perabotan. Pastikan kamu lebih telaten dan tidak terlalu banyak membeli barang yang kurang penting.

Karena hal itu bisa membuat dan meningkatkan kesan sempit pada ruangan. Belilah produk rumah tangga yang benar-benar diperlukan dan mempunyai peranan urgen bagi kehidupan rumah tangga kamu saja.

Pilihlah perabotan yang dapat memantulkan cahaya, khususnya yang berbahan dasar kaca atau stainless steel. Dengan adanya perabotan yang memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, maka ruangan tampak lebih cerah dan luas.

Sehingga kita tidak perlu menyalakan seluruh lampu di dalam rumah saat matahari masih bersinar. Selain bermanfaat untuk memantulkan cahaya ke dalam ruangan, perabotan berbahan kaca atau stainless steel pun mampu menciptakan ruangan di dalam rumah terlihat lebih luas dan santai.

Cermin pun mempunyai peranan yang sama dalam menyerahkan kesan ruangan tampak lebih luas. Pasang cermin besar secara vertikal di ruang tamu akan membuat ruangan tampak lebih luas sampai dua kali lipat.

5. Pencahayaan yang tepat

Memasang jendela-jendela besar serta pemilihan lampu yang tepat sangat dibutuhkan pada desain rumah sederhana ini guna memberi kesan luas, segar, dan terbuka.

Pilihlah jendela dengan bingkai simpel yang berukuran besar dan lampu berwarna putih yang cerah sebagai kombinasi sempurna guna memberi kesan luas pada ruangan rumah kamu.

6. Fokus terhadap satu objek

Tentukan konsentrasi utama pada sebuah ruangan untuk satu objek saja, jangan membuat tamu yang datang terpaku pada objek yang bukan menjadi fokus ruangan kamu.

Sebagai contoh, apabila kamu pajang gambar lukisan yang besar di satu dinding ruang tamu maka tidak boleh meletakkan aksesoris dinding lain.

Langkah-langakah dalam membangun rumah minimalis sederhana idaman

Ketika membangun rumah idaman, pastinya inspirasi dan masukan akan menjadi pertimbangan penting. Untuk itu, selain gambar rumah minimalis sederhana, sebagai acuan dan inpirasi persiapan dalam membangun rumah minimalis sederhana pun patut kamu pertimbangkan dalam eksekusinya. Berikut ini ulasannya

1. Perencanaan membangun rumah minimalis sederhana

Perencanaan ini merupakan awal persiapan kamu sebelummembangun  rumah minimalis sederhana. Hal ini agar nantinya kamu memiliki pedoman dalam pelaksanaanya. Beberapa hal yang mesti kamu siapkan tersebut diantaranya:

Pertama, kamu mesti memiliki persiapan dari sisi finansial yaitu, biaya yang akan kita keluarkan dalam membangun rumah tersebut. Finansial atau dana, merupakan patokan utama untuk membina rumah.

Karena samatang apapun perencanaan, jika dana tidak memadai rumah tidak bakal selesai.

Kedua, kamu mesti merencanakan seberapa luas rumah yang nantinya kamu bangun. Tentukan tempat luas tanah yang akan kamu gunakan dalam membangun rumah minimalis sederhana tersebut.

Ketiga, yaitu menciptakan desain atau rancangan rumah. Desain atau rancangan merupakan dasar atau gambaran bagaimana rumah tersebut akan terbangun.

Bisa dikatakan, gambar rumah minimalis sederhana ini adalah idea dasar atau konsep dari rumah tersebut. Kamu dapat mendiskusikanya dengan ahlinya seperti, arsiteker atau orang yang sudah kawakan dalam merancang suatu rumah.

Keempat, saat perencanaan sebelumnya telah selesai, selanjutnya kita merencanakan material yang bakal kamu pilih. Sesuaikan harga material dengan finansial yang kamu miliki.

2. Pelaksanaan membangun rumah minimalis sederhana

Dalam proses pelaksanaan, seringkali kamu bakal berperan juga sebagai pengawas semua tukang. Namun dalam pelaksanaanya, terdapat dua teknik yang bisa ditempuh.

Pertama kita sendiri yang akan memantau para tukang bangunan. Atau kamu dapat mewakilkan untuk orang yang terpercaya dalam mengawasinya.

Pertama, mulailah dengan membersihkan tempat yang akan dibangun lokasi tinggal yang kamu mau.

Membersihkan rumput dan meratakan tanah bisa kamu lakukan pertama kali, kemudian dilanjutkan dengan mengukur lahan yang bakal dibangun rumah. Pengukuran lahan ini yang nantinya digunakan untuk menempatkan pondasi.

Kedua, pastikan adanya sumber air, yaitu mencari sumur. Alasanya, karena sebagian besar dalam meracik bahan material bangunan memerlukan cukup banyak air. Semen merupakan salah satu meterial yang membutuhkan air yang banyak.

Ketiga, pastikan penanaman pondasi yang dibuka dengan penggalian tanah, cocok dengan luas bangunan rumah. Pondasi ini ialah bagian dasar dari suatu bangunan yang menjadi faktor penentu bangunan tersebut kokoh atau tidaknya.

Keempat, sesudah penanaman pondasi selesai, dilanjutkan dengan merangkai bata yang direkatkan dengan semen bercampur pasir yang bertujuan untuk menyusun dinding dan memasang kusen pintu dan jendela.

Dalam proses ini, penyusunan bata mesti benar-banar rapih, tegak lurus dan rata. Hal ini agar menghindari pemborosan pemakaian semen yang disebabkan oleh tebalnya plasteran dinding yang tidak rata.

Kelima, sesudah dinding berdiri tegak, kegiatan selanjutnya ialah membuat atap rumah. Kegiatan ini dibuka dengan merangkai rangka atap dan menutupnya dengan genteng atau meterial lainya.

Keenam, pemasangan listrik oleh pihak yang berwenang. Mengingat kegiatan ini cukup berbahaya, pastikan jika ditangani oleh ahlinya.

Ketujuh, yakni memasang plafon setalah atap dan pemasangan listrik selesai. Setelah hal tersebut dilakukan, baru persoalan lantai.

Pembuatan lantai ini perlu dilakukan dengan teliti, sehinga lantai menjadi benar-benar datar.

3. Finising saat membangun rumah minimalis sederhana

Finising ini mencakup mengecat rumah, beres-beres, dan pemeriksaan hasil kegiatan tukang.

Termasuk pembuatan taman di halaman untuk meningkat tampilan indah dan elok rumah minimalis sederhana kamu.

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkah tentang gambar rumah minimalis sederhana serta langkah-langkah dan eksekusinya. Semoga bisa menjadi inspirasi sahabat Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *